Kamis, 27 Desember 2012

Binguuuung deh IPA atau IPS...?



Iya benar sekali, belakangan ini saya bingguuuuuuung bangeeett mau milih IPA atau IPS. Ada beberapa kekhawatiran di dua ILMU PENTING ini. Saya akan membahas petunjuk hati yang saya inginkan sekarang yaitu saya ingin masuk IPA. Why? Karena saya terinspirasi ingin menjadi dokter kanker ovarium atau rahim. Disitu akan membahas bagaimana pembelahan sel kanker yang perubahannya sangat cepat dan sudah memakan korban banyak pula di dunia terutama kaum hawa. Saya sangat penasaran mempelajari ilmu itu. Tapi dari hasil beberapa nasehat dari kakak kelas, guru, dan orangtua. Sebenernya mereka mengaharapkan saya IPA, mereka yakin saya mampu di IPA. Tapi, saya khawatir tumbang ditengah jalan karena banyak kegiatan sehingga nilai saya tidak naik, bahkan nilai saya akan turun. Nantib gak dapat PMDK dong buat jalur undangan? Yaps harus diperhatikan dengan baik pula jika ingin dimudahkan masuk kuliahnya. Pelajaran yang kurang saya minati yaitu Kimia dan Fisika, saya lebih suka Biologi yang menfokuskan hapalan walaupun hanya beberapa hitung-hitungannya tapi tidak rumit, atau Matematika yang mempelajari cukup hitungan angka-angka tanpa meikirkan materinya. Sebenrnya juga, saya takut kecapekan di IPA, saya takut nge-dropp karena gak tahan di IPA mungkin banyak orang bisa silang banyak PR, sering ulangan harian, dan materinya sangat banyak. Benar, IPA memang seperti itu. Ada lagi kekhawatiran yang sangat saya ragukan, yaitu sulitnya masuk kedokteran yang bagus di Universitas terbaik di pulau jawa. Yaph, kakak kelas saya memberikan informasi bahwa pesaingnya sangat berat, mungkin banyak peluang di luar pulau jawa. Hmm, pendidikan Indonesia berarti bermutu dong? Buktinya saja kedokteran sangat diminati dari beberapa penjuru daerah dari utara sampai timur negri ini. Saat saya menceritakan ke ibu saya, ibu sayan sangat heran apa yang sebenarnya saya inginkan. Ibu saya juga menyarankan saya masuk jurusan IPA tapi dikuliah nanti ambil saja Akuntasi. Apaa? Itukan IPS berarti sama saja saya mengembat pekuang orang lain terutama anak IPS. Bahkan kalo saya masuk akuntasi ilmu IPA yang pasti untuk mempelajarinya dari IPA apa? Itukan terdapat dari IPS. Selain itu hanya ada 10% universitas di Indonesia yang akan menerima dari jurusan IPA untuk masuk ke IPS. By the way saya akan menjelaskan perasaan hati saya yang sejak dulu kala ingin menjadi seorang entrepreneur (pengusaha ) atau Ahli Ekonomi. Saya bingung, kalo di pelajarann IPS kalo ada materi yang kurang mengerti akan bertanya ke siapa kalo diluar sekolah? Guru privat untuk mapel IPS sangatlah susah dicari. Dan yang saya bingungkan apa sih yang sebenarnya yang saya cita-citakan? Memang ABG LABIL , masih pengen ini itu. Kalo jadi Diplomatik harus jago bahasa asing terutama bahasa inggris… wahh bahasa inggris saya sangat kurang. Terus saya bilang ke ibu saya kalo saya mau masuk jurusan ekonomi-bisnis, ibu saya langsung berkata “ udah psikolog aja, karena ekonomi udah banyak orang yang masuk situ”, berarti ibu saya melihat orang lain yang lebih berpeluang dari saya. Tapi saya yakin InsyaAllah saya bisa masuk jurusan ekonomi-bisnis, saya tidak akan melihat saiingan tapi saya akan melihat masa depan saya nanti akan mejadi seorang entrepreneur atau Ahli Ekonomi. Mulai sekarang seharusnya akuu tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang kurang berguna, tetapi aku harus focus memahami ilmu ekonomi agar mendapatkan gelar sampai doctor nantinya… Amiiiiiin Ya Allah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar